Home » , , , » 10 PENYEBAB ANAK MENENTANG PERINTAH ORANG TUA

10 PENYEBAB ANAK MENENTANG PERINTAH ORANG TUA

Written By Unknown on Wednesday, October 9, 2013 | 10:18 PM

Print Friendly and PDF

  بسم الله الرحمن الرحيم

10 PENYEBAB ANAK MENENTANG PERINTAH ORANG TUA- Terkadang kita sebagai orang tua menganggap bahwa ketika anak kita tidak patuh dan membangkang terhadap perintah kita adalah sifat buruk yang membuat kita marah dan harus memarahi mereka, padahal tidak selalu pembangkangan mereka itu dikarenakan meraka tidak mau nurut atau karena mereka nakal.

Setidaknya ada sepuluh faktor penyebab anak menentang dan tidak menuruti perintah orang tua :

1. Anak tidak faham perintah
Hal itu bisa terjadi, apalagi terhadap anak yang masih kecil. Kadang kala ketika anak sedang bermain dengan barang yang berbahaya, orang tua sering melarangnya dan memerintahkan untuk diam karena itu bahaya. Tapi mana ada anak faham kata "bahaya" atau "itu tajam", oleh karenanya anak tidak nurut dan tetap saja memainkannya. Sebaiknya orang tua tidak hanya melarangnya, tapi memberikan penjelasan yang sangat baik dan yang memungkinkan untuk difahami anak, agar anak faham dan tidak lagi memainkannya atau setidaknya jauhkan barang bahaya itu dari jangkauan anak kecil.

2. Terlalu banyak tuntutan/perintah
Orang tua kadang menghujani anaknya dengan banyak perintah, "ganti baju!, rapikan kamar!, kerjakan PR!, Nanti belikan ibu sayuran!". Mana coba yang harus dikerjakan dulu??hee
Para pakar Pendidikan anak memberikan saran kepada orang tua atau pendidik, agar membatasi dengan satu atau dua perintah. Kaena anak akan sulit untuk merespon ketika yang harus mereka lakukan atau rubah adalah 10 pekerjaan. Maka fokuskan pada satu atau dua hal saja.

3. Cara dan bahasa perintah yang kurang bagus
Sering orang tua merasa bahwa perintah harus dengan nada keras dan cenderung memarahi, padahal justru hal itu yang sering menyebabkan anak tidak mau menuruti perintah orang tua. Alangkah baiknya jika perintah kepada anak itu dengan bahasa yang halus dan jelas, agar anak faham betul dan merasa enak untuk menjalankannya.

4. Anak tidak menyadari perintah
Jika anak sedang sibuk dengan dunianya, sering kali di atidak sadar bahwa dia sedang disuruh sama orang tua. Misal ketika anak sedang kerjakan PR dari sekolah, atau ketike mereka sedang main dengan mainannya. Dinajurkan bagi orang tua untuk tidak memaksakan perintah itu, tapi dengan merangkulnya dan meminta mereka dengan baik.

5. Perintah terlalu menekan kebebasan pribadi anak
Ini biasanya terjadi kepada anak remaja yang kadang diatur oleh ibunya untuk pakai baju ini itu, atau untuk menata rambunnya seperti ini seperti itu. Di masa ini anak sangat tidak mau diatur, mereka merasa kebebasan pribadinya tertekan dan ingin untuk berontak.

6. Anak ingin mendapat perhatian
Orang tua yang terlalu sibuk yang sering menjadi penyebabnya,  ketika anak disuruh orang tuanya
 yang sibuk dan jarang sekali memperhatikannya, anak sering sengaja untuk membangkang agar mendapat sedikit perhatian walau dengan omelah atau pukulan dari orang tua. Ini cukup ironis, oleh karenanya hindari sejauh mungkin hal seperti ini.

7. Anak ingin membalas perlakuan orang tua
Ayah yang super galak vs ibu yang baik hati, ini sering terjadi. Dengannya anak bisa sangat nurut dan takut oleh ayahnya, tapi tidak oleh ibunya. Ini terjadi sebagai balasan atas perlakuan galak ayahnya, dan melampiaskan kepada ibunya dengan tidak bermaksud menjahati ibunya.

8. Waktu yang tidak tepat
Ketika perintah orang tua tidak sesuai dengan waktu yang dimiliki anak, maka ini bisa menjadi alasan anak untuk tidak menuruti perintah orang tuanya. Misal ibu menyuruh anaknya ketika anak mau berangkat sekolah atau yang lainnya.

9. Dendam karena kurang kasih sayang
Anak yang kurang kasih sayang sering melampiaskannya dengan membangkan dan tidak menuruti perintah-perintah orang tuanya.

10. Penyebab lainnya
Dan penyebab lainnya, seperti ada satu hal yang ditutupi anak ketika disuruh. Misal seorang adik disuruh memanggil kakaknya, tapi dia menundanya untuk menutupi bahwa sebenarnya kakaknya tidak ada.

Kunjungi terus Muslim Harus Kreatif Blog.

Bagikan tuk kebaikan :

0 komentar:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger

TRANSLATE THIS BLOG

Find Us on Facebook

Copyright@MuslimKreatif. Powered by Blogger.

ARTIKEL POPULER

 
Support : RemajaMuslimCenter Muslim Kreatif.blog | Template Created by Creating Website | powered by Blogger | About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2013. Muslim Kreativ.blog - All Rights Reserved